Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

11/5/14

Cara Reset Password OS Windows

Pada kali ini saya ingin berbagi pengalaman untuk mereset pasword windows yang terlupa. Setelah saya uji beberapa versi windows ternyata bisa diaplikasikan semuanya.
Kejadian awalnya bermula dari laptop yang saya gunakan karena suatu hal terlupa paswordnya. Perlu diketahui laptop ini menggunakan Windows 8 yang tergolong baru dengan beberapa fitur canggihnya. Sudah mencoba beberapa cara yang biasa digunakan ke windows 7 ternyata tetap gagal juga padahal laptop dibutuhkan untuk bekerja sesegera mungkin. Setelah beberapa kali mencoba, ada teknik yang diajarkan oleh teman untuk mereset pasword windows yang paling ampuh tanpa CD windows atau tanpa software windows. Berikut ini langkah-langkahnya....
Langkah ini dinamakan dengan windows pasword editor (sok tahu hehehe....). Pertamakali yang harus anda miliki adalah CD/USB bootable, gunakan laptop lainnya yang bisa digunakan tentunya...... silahkan download Offline NT Password & Registry Editor
Ekstrak file hasil unduhan kemudian bersiap mengcopynya ke CD, bisa menggunakan CD burner, atau jika anda tidak memiliki CD-rom bisa menggunakan flasdisk untuk bootable aplikasi tersebut. Setelah download aplikasinya baca dulu file readme.txt ..... pahami langkahnya ya... , sebelum ke langkah berikutnya.
Reset Pasword Windows
Booting laptop dari bootdisk (anda mungkin perlu mengatur BIOS supaya bisa booting dari DVD Drive atau port USB). Anda akan dihadapkan pada beberapa tampilan, umumnya sih cukup direspon dengan menekan tombol Enter. Tapi sebaiknya di baca juga ya…. Misalnya, untuk bagian ini, meminta anda untuk memilih partisi pertama. Karena memang di dalam contoh ini hanya ada satu partisi, maka pilihan [1] sudah terpilih, tinggal tekan Enter deh...

Yang berikutnya juga sama. Yang ini untuk memilih path registry. Karena defaultnya sudah benar, tekan Enter.
Nah, ini dia pilihan untuk mereset password atau mau yang lain. Karena defaultnya juga sudah sip, tekan Enter juga.
Kemudian anda akan ditanya bila ingin meng-edit user atau registry. Karena ingin mengubah password, ya tekan Enter lagi.
Sekarang, untuk pertama kalinya agak beda. Tidak cukup menekan Enter. Sekarang anda diminta untuk mengetikkan username yang akan direset. Ketik saja, lalu Enter. 
Untuk sekarang mungkin anda ingin password-nya kosong saja dulu. Toh nanti anda bisa memberi lagi kalau sudah masuk ke dalam Windows. Jadi tekan Enter lagi.

Saatnya menyimpan semua perubahan yang sudah anda buat. Ketik tanda seru !, kemudian ketik huruf y untuk menyimpan. 
Setelah semua langkah diatas dilakukan dengan sukses berarti anda telah sukses mereset pasword windows anda. Silahkan booting ulang komputer anda (sebelumnya lepaskan/keluarkan USB/CD room program tersebut dari tempatnya). Jangan digunakan sembarangan loh ya......semoga bermanfaat.
disarikan dari: Yudi Ester dengan beberapa perubahan yang diangggap perlu. 


1 comment:

 

Facebook